Resep Kue Pukis Lembut dan Menul



    Kue pukis adalah jajanan manis berbentuk seperti perahu dengan bagian atas yang menggembang. Tampak gembul, menul, dan empuk, pukis memang sangat menggoda untuk dijadikan snack teman ngeteh sore. Ternyata anda juga bisa kok membuat pukis yang mengembang, empuk, dan tetap lembut saat sudah dingin. Rahasianya ada di resep pukis lembut dan menul di bawah ini.

Bahan:

§  2 btr telur utuh

§  150 gr gula pasir

§  1/2 sdt vanili bubuk

§  250 terigu protein sedang

§  50 gr margarin, lelehkan

Bahan Santan:

§  325 ml santan (2 santan instan + air ukur jadi 325 ml)

§  1/4 sdt garam

§  1 sachet kental manis

Bahan biang:

§  2 sdm peres terigu protein sedang

§  1 sdm gula pasir

§  1 sdt ragi instan

§  50 ml air hangat

Topping & Isian:

§  Keju cheddar parut secukupnya

§  Selai nanas secukupnya

§  Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat:

1.     Pertama campur jadi satu santan dengan garam dan kental manis. Masak dulu bahan santan ini hingga mendidih supaya pukis tidak cepat basi. Setelah mendidih angkat santan dan diamkan hingga uap panas hilang dan hangat.

2.     Sekarang kita buat bahan biang. Masukkan terigu protein sedang tambahkan gula pasir dan ragi instan masukkan air hangat. Air hangat bukan air panas. Aduk hingga tercampur rata.

3.     Istirahatkan adonan selama 15 menit tutup atasnya supaya tidak kering.

4.     Selanjutnya campur gula pasir dengan telur dan vanili bubuk. Mixer hingga mengembang dan kental. Nah setelah adonan mengembang dan kental matikan mixer.

5.     Ini raginya setelah diistirahatkan selama 15 menit. Terlihat mengembang naik dan berbusa ya artinya ragi masih aktif.

6.     Selanjutnya masukkan bahan biang ke dalam adonan telur. Aduk hingga tercampur rata.

Baca juga: Resep Bakso Seafood Kuah Pedas

7.     Sekarang masukkan terigu, masukkan sebagian dulu jangan langsung dimasukkan semua. Setelah tercampur rata baru kita masukkan sebagian santan. Mixer dengan kecepatan rendah.

8.     Masukkan santan. Mixer hingga tercampur rata.

9.     Terakhir tambahkan 50 gr margarin yang sudah dilelehkan. Aduk menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata dan menyatu.

10.                        Selanjutnya kita istirahatkan adonan selama 1 jam. Tutup diatasnya agar adonan tidak kering.

11.                        Adonan setelah 1 jam terlihat mengembang naik 2x lipat. Kita aduk hingga buih-buih nya menghilang dan adonan kembali seperti semula.

12.                        Bagi 2 adonan. Yang satu bagian tambahkan pasta pandan secukupnya. Aduk hingga tercampur rata.

Cara memanggang:

1.     Saya alas dengan loyang yang berisi pasir untuk meredam panas supaya pukis tidak gosong. Letakkan cetakan pukis di atasnya. Panaskan cetakan dengan api besar.

2.     Setelah cetakan benar-benar panas baru tuang adonan pukis hingga 3/4 penuh saja karena kue pukis ini nanti akan mengembang naik. Panggang dengan api sedang cenderung besar kurang lebih 5-7 menit saja

Baca juga: Resep Bandrek Susu

3.     Langsung ditutup supaya kue pukis bisa mengembang sempurna. Jangan dibuka-buka sebelum 4-5 menit.

4.     Setelah kue pukis matang dan tidak lengket angkat kue pukis.

5.     Masih dalam keadaan panas-panas kita oles pukis dengan margarin agar kue pukis tetap lembut dan mengkilap.

6.     Nah sekarang kita buat lagi tapi kali ini kita beri isian selai nanas
di dalamnya. Isi setengah bagian cetakan saja kemudian beri isian selai nanas. Lalu tuang lagi adonan hingga 3/4 cetakan 190. Setelah matang kita angkat kue pukis.

7.     Nah kue pukis siap disajikan.

Sekarang kita belah 2 kue pukis untuk melihat teksturnya. Tekstur kue pukis ini lembut dan serat bagian dalamnya cantik sekali. Rasanya enak apalagi ada isian selai nanas di dalamnya. selamat mencoba.

 


Komentar