Resep Roti Maryam Atau Roti Canai


Roti maryam  diketahui berasal dari India. Di India, roti maryam lebih dikenal dengan nama roti canai atau roti cane. "Roti maryam itu sebenarnya sebutan untuk di Indonesia. Di sini, penjual roti canai yang dulu dikenal itu namanya Ibu Maryam, jadi produknya dijual di Jakarta. Selain di Indonesia, roti maryam atau roti canai juga terkenal di beberapa negara Asia lainnya, seperti Malaysia dan Singapura.

roti maryam memiliki bentuk bulat pipih dan bertekstur kering, cita rasanya juga sama di beberapa negara Asia lainnya. Roti maryam atau roti canai memiliki rasa tawar dan sedikit gurih sehingga kerap disajikan sebagai pelengkap kari ayam atau kari kambing.

Baca juga: Resep Pukis Lembut Dan Menul

Sama halnya dengan roti kebanyakan, roti maryam terbuat dari campuran tepung, lemak, dan telur. Hanya saja, roti maryam tidak menggunakan bahan pengembang sama sekali, termasuk ragi yang umum dipakai dalam resep roti. jika anda ingin membuatnya, berikut resep roti maryam yang bisa anda coba.

bahan:

·    250 gr tepung terigu

·    1 butir telur

·    5 sdm mentega cair

·    100 ml air (tuang sedikit-sedikit)

·    1/4 sdt garam

·    minyak untuk olesan

·    mentega cair untuk olesan

cara membuat:

1.     Dalam baskom campurkan tepung, telur, mentega, garam, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Uleni dengan tangan. adonan agak berat, uleni sampai lembut dan kalis.

Baca juga: Resep Kue Cucur Gula Merah

2.     kemudian bulatkan, diamkan selama 30 menit, tutup dengan lap bersih.

3.     Bagi adonan menjadi 8. Masing-masing sekitar 50 gram. Bulatkan, kemudian oles dengan minyak (atau dicelup sebentar), lalu diamkan selama 2 jam sambil ditutup permukaannya dengan plastik atau lap bersih.

4.     Ambil 1 bagian adonan, tipiskan.

5.     Oles tipis bagian dalam dengan mentega cair. Kerat-kerat dengan pisau lalu gulung. lakukan hingga adonan habis.

6.     Pipihkan adonan, panggang bolak- balik hingga matang.

7.     Sajikan dengan selai atau kuah kari.

 

Selamat mencoba! J

 


Komentar