Resep Gethuk Lindri Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah


gethuk merupakan jajanan tradisional khas Jawa Tengah. Bukan hanya terkenal di wilayah Jawa tapi gethuk sudah menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Di era modern sekarang, gethuk sudah banyak dimodifikasi menjadi bermacam-macam varian, jadi banyak digemari oleh semua kalangan. Gethuk adalah makanan ringan atau jajanan pasar tradisional yang terbuat dari singkong. Gethuk umumnya banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain gethuk ada juga yang disebut gethuk lindri. Jenis jajanan ini punya bahan dasar yang sama dengan gethuk. Bedanya, gethuk lindri punya penampilaan yang lebih menarik karena biasanya gethuk lindri diberi pewarna makanan dan ditaburi gula dan kelapa parut. gethuk adalah makanan tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Magelang, Jawa Tengah. Namun sekarang, jajanan pasar ini bisa ditemukan di seluruh pulau Jawa.

Baca juga: Resep Soto Kudus

Kuliner ini disukai oleh kalangan bangsawan, pedagang maupun petani, karena rasanya yang manis dan gurih. Tak cuma sekadar panganan rakyat, gethuk punya sejaarah dan filosofi yang cukup tinggi lho. meskipun jajanan lezat satu ini berasal dari magelang, anda tidak perlu jauh-jauh pergi kesana untuk menikmatinya. anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah. berikut resep gethuk lindri jajanan tradisional khas jawa tengah.












Bahan:

·     800 gram singkong, potong

·     150 gram gula halus, gula pasir blender

·     75 gram margarin/mentega, lelehkan

·     1/2 sdt vanilla essence

·     1/4 sdt garam

·     1/4 btr kelapa parut

·     pasta strawberry, orange, pandan

Baca juga: Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo Khas Jawa Tengah

Cara membuat:

1.  campurkan kelapa parut dan garam lalu aduk rata. Selanjutnya kukus singkong dan kelapa parut bersama hingga singkongnya matang dan empuk selama 35 menit. Angkat singkong lalu tumbuk hingga halus, jangan lupa buang sumbunya.

2.  Selagi singkong hangat beri gula pasir, vanilla essence, dan mentega/margarin yang sudah dilelehkan lalu aduk hingga rata atau uleni hingga lembut dan membentuk adonan.

3.  Setelah itu bagi 3 bagian sama rata lalu beri pasta strawberry, orange, dan pandan secukupnya, aduk hingga warna tercampur rata.

4.  Ambil sebagian adonan lalu masukan kedalam cetakan. Tata gethuk dipiring saji lalu beri taburan kelapa parut. Sajikan.

 

Selamat mencoba ! J

Komentar