Resep Kue Putu Ayu Pandan


Siapa disini yang tidak kenal dengan kue putu? Kue putu ayu atau kue putri ayu adalah salah satu jajanan atau kudapan tradisional Indonesia yang dibuat dengan cara dikukus. Kue tradisional Indonesia tersebut memiliki beberapa jenis. Diantaranya kue putu hijau, kue putu putih, kue putu daun pisang dan kue putu bugis. Namun, yang sering dijumpai dibeberapa daerah adalah kue putu hijau atau putih yang berisi gula merah atau gula aren.

Putu Ayu adalah bagian dari kue “putu” yang berasal dari kuliner Tiongkok dan berkembang di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand. Pembuatan kue putu dapat dilihat dari penggunaan bambu sebagai wadah silinder pembuatan penganan beraroma gurih. Putu ayu sendiri sebagai salah satu jenis kue basah yang empuk dan lembut, kue ini berasal dari jawa tengah. putu ayu merupakan jajanan tradisional yang hingga kini mesih popular di kalangan masyarakat.

Baca juga: Resep Gethuk Lindri Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah

Sesuai Namanya, ayu dalam Bahasa jawa berarti “cantik”, karena dari sisi visual kue ini terlihat cantik dan menarik. Tidak hanya tampilan yang cantik dan menarik, kue putu ayu juga kerap disebut dengan kue putri ayu.

Kue putu ayu ini biasanya di hidangkan pada saat acara keluarga seperti selametan, hajatan, arisan dan lainnya. Kue putu ayu ini memiliki bentuk dan warna yang sangat indah, biasanya kue ini berwarna hijau dan merah muda. Seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang mengkreasikan warna pada kue putu ayu ini, misalnya saja seperti warna kuning, biru, coklat dan lainnya. andapun dapat mengkreasikan kue putu ayu menurut selera anda sendiri dirumah. berikut resep kue putu ayu yang bisa anda coba.














Bahan:

·      2 butir telur 

·      75 gram gula pasir 

·      125 gram tepung terigu 

·      1 sdt cake emulsifier (SP)

·      1 sdt vanili bubuk 

·      100 ml santan cair, rebus

·      Kelapa muda parut, beri garam sedikit, kukus 

·      1 sdm pasta pandan 

·      1 sdt pewarna hijau

Baca juga: Resep Soto Kudus

Cara membuat : 

1.   Campur telir, gula pasir, garam, cake emulsifier, dan vanili dalam satu wadah. Kocok menggunakan whisk atau mixer hingga adonan mengembang. Kemudian, masukkan tepung terigu, aduk hingga rata.

2.   Masukkan santan cair, pewarna hijau, dan pasta pandan. Aduk sampai semua adonan tercampur.

3.   Ambil cetak putu ayu, taburkan kelapa muda kukus di bagian paling bawah.

4.   Tuang satu sendok makan penuh adonan, lalu kukus selama 10-25 menit. Setelah matang, angkat, dan sajikan. 

 

Selamat mencoba ! J


Komentar