Resep Kue Talam Ubi Kuning


Kue Talam merupakan jajanan tradisional khas Betawi. Kendati demikian, jajanan tradisional ini mudah ditemukan disemua daerah diIndonesia. Kue jajanan tradisional ini termasuk dalam kategori kue basah, sehingga tidak akan bertahan lama saat dihidangkan.

Menilik sejarah Kue Talam, meski saat ini Kue Talam telah menyebar keseluruh Indonesia, namun Kue Talam merupakan kue tradisional khas Betawi dan diperkirakan sudah berumur lebih dari 500 tahun. Kue ini mendapat pengaruh dari kuliner Tionghoa dan Belanda yang mendiami kawasan Batavia (Jakarta saat itu).

Hal ini dikarenakan Kue Talam memiliki kata `Kue` didepannya yang berasal dari kata serapan Hokkian `Koe` yang berarti kue tradisional peranakan Tionghoa. Sedangkan kata Talam dikarenakan pada zaman dahulu, kue ini diletakkan di loyang bulat tak berkaki yang dikenal dengan nama Talam.

Teksturnya yang lentur dan lengket memiliki filosofi mengenai hubungan antar manusia yang penuh kekentalan dan kekerabatan. Rasanya yang manis, dan legit juga menggambarkan perpaduan dari kisah hidup manusia.

Baca juga: Resep Bolu Gulung Meranti Medan

Saat ini Kue Talam memiliki berbagai variasi rasa mengikuti bahan yang ingin digunakan. salah satunya Kue talam ubi terbuat dari bahan utama ubi jalar, tepung kanji, dan tepung beras. Untuk menambah nuansa rasa pada kue, tambahan santan menjadikan kue ini menjadi nikmat saat berada di mulut kita.

Kue ini banyak kita temui di pasar-pasar tradisional. Warnanya yang unik, menjadikan kue ini mudah dikenali jika disandingkan dengan kue-kue tradisional lainnya. Harga kue ini juga relatif terjangkau, satu buah dijual Rp1.000 – Rp1.500. Menikmati kue ini sangat pas ditemani secangkir teh hangat sambil bersantai di rumah bersama keluarga. Anda juga dapat membuarnya sendiri dirumah. Berikut resep kue talam ubi kuning.













Bahan A:

·     250 gr ubi jarar (kukus dan haluskan)

·     50 gr tepung tapioka

·     35 gr tepung beras

·     15 gr tepung sagu

·     100 gr gula

·     ¼ sdt gram

·     200 ml santan instan

·     100 ml air

Bahan B:

·     60 gr tepung beras

·     30 gr tepung tapioka

·     30 gr tepung sagu

Baca juga: Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi

·     ½ sdt garam

·     200 ml santan instan

·     40 ml air mineral

·     Sejumput vanilla bubuk

Cara membuat:

1.   Campurkan semua bahan A, aduk sampai tercampur rata lalu disaring supaya mendapatkan tekstur yang lembut dan tidak bergerindil. Sisihkan.

2.   Campurkan semua bahan B aduk sampai tercampur rata lalu saring supaya mendapatkan tekstur yang lembut dan tidak bergerindil. Sisihkan.

3.   Oles cetakan dengan sedikit olive oil/minyak biasa (tipis-tipis saja)

4.   Tuang bahan B kedalam cetakan secukupnya, atau sesuaikan selera ukuran cetakan masing-masing lalu kukus selama 3 menitan. (tutup kukusan harus di bungkus serbet supaya air tidak menetes pada kue.

5.   Setelah 3 menit tuang bahan A diatas permukaan bahan B yang sudah dikukus.

6.   Kukus kembali selama 10 menit dengan api sedang, kemudian tuang lagi sisa bahan B kukus 8 menit lagi.

7.   Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu baru dikeluarkan dari cetakan

 

Selamat mencoba! :)


Komentar